Article : 5 Pelari Marathon Terbaik di Dunia - QuScore

5 Pelari Marathon Terbaik di Dunia
5 Pelari Marathon Terbaik di Dunia for mobile
5 Pelari Marathon Terbaik di Dunia
QUSCORE TEAM 26 Sep 2023 15:21 No Comment
5 Pelari Marathon Terbaik di Dunia Source: freepik.com

Lomba maraton adalah salah satu event lari yang paling diminati di dunia. Lomba maraton bahkan bisa diikuti oleh ribuan peserta dalam satu kali perlombaan. Hal ini disebabkan karena persyaratan dan kebutuhan lomba maraton relatif sederhana. Biasanya, lomba maraton juga dilangsungkan di jalanan umum atau tempat terbuka. Meskipun begitu, lomba maraton dianggap sebagai salah satu kompetisi lari yang paling prestisius. Bahkan, ada catatan rekor dan pengakuan bagi atlet-atlet lari maraton terbaik di dunia. Siapa saja mereka? Berikut adalah lima pelari maraton terbaik di dunia:

  1. Eliud Kipchoge
    Eliud Kipchoge merupakan pelari jarak jauh asal Kenya, adalah salah satu bintang terkenal dalam dunia lari maraton. Sebelumnya, Kipchoge juga berkompetisi di nomor lari jarak jauh 5000 meter. Dianggap sebagai pelari maraton terbesar sepanjang masa, Kipchoge adalah juara maraton Olimpiade pada tahun 2016 dan 2020. Pada saat ini, atlet berusia 38 tahun ini juga memegang rekor dunia dalam lari maraton dengan catatan waktu 2:01:09 yang ia ciptakan dalam Berlin Marathon 2022.

  2. Shambel Abebe Bikila
    Shambel Abebe Bikila adalah pelari Ethiopia yang berhasil meraih gelar juara maraton Olimpiade secara berturut-turut. Ia adalah penerima medali emas Olimpiade pertama dari Ethiopia. Bikila mencuri perhatian dunia dalam Olimpiade Roma 1960 karena ia berlomba tanpa alas kaki. Kemudian, dalam Olimpiade Tokyo 1964, ia meraih medali emas keduanya dan menjadi atlet pertama yang berhasil mempertahankan gelar maraton Olimpiade. Selama kemenangan-kemenangan itu, ia juga memecahkan rekor dunia maraton. Meskipun meninggal pada tahun 1973 karena kecelakaan mobil, warisannya dan prestasinya tetap dihargai hingga kini.

  3. Waldemar Cierpinski
    Ia lahir pada tahun 1945, awalnya dikenal sebagai seorang pelari halang rintang yang sukses sebelum akhirnya beralih ke lari maraton pada tahun 1974. Cierpinski meraih medali emas Olimpiade pada tahun 1976 dan 1980. Ia juga menempati peringkat pertama dalam lari maraton pada tahun 1976 dan 1980 serta meraih gelar sebagai Olahragawan Terbaik Jerman Timur pada periode tersebut.

  4. Samuel Kamau Wanjiru
    Beliau adalah pelari jarak jauh Kenya yang memenangkan lari maraton pada Olimpiade Beijing 2008 dengan catatan waktu 2:06:32. Ia menjadi orang Kenya pertama yang meraih medali emas Olimpiade dalam lari maraton dan merupakan peraih medali emas termuda dalam lomba maraton sejak tahun 1932. Sayangnya, pada tahun 2011, Samuel Wanjiru meninggal dunia setelah jatuh dari balkon rumahnya di Nyahururu akibat masalah rumah tangga.

  5. Gezahegne Abera
    Abera adalah atlet Ethiopia yang memenangkan lomba maraton dalam Olimpiade Musim Panas 2000. Kompetisi internasional pertamanya adalah dalam Los Angeles Marathon 1999, di mana ia finis di posisi keempat. Berkat pencapaiannya tersebut, Abera mendapatkan tempat dalam tim World Athletics Championships tahun 1999 Ethiopia, di mana ia finis di urutan kesebelas. Rekor waktu terbaiknya adalah 2:07:54.

Source: sacindonesia.com

Tags:
pelari terbaik pelari marathon pelari terbaik dunia pelari marathon terbaik dunia eliud kipchoge shambel ababe bikila waldemar cierpinski samuel kamau wanjiru gezahegne abera

Leave Comment
Your email address will not be published.
Latest Post
Sejarah Jarak Lari Matarhon 42 Kilometer
Sejarah Jarak Lari Matarhon 42 Kilometer
26 September 2023 //
No Comment
Eliud Kipchoge Menangkan Maraton Berlin 2023
Eliud Kipchoge Menangkan Maraton Berlin 2023
26 September 2023 //
No Comment
Categories
Info